Membangun Generasi Cerdas, Beriman Dan Berakhlak: Pelatihan Penerapan Ebook Sains Bermotif Tauhid Di Paud
DOI:
https://doi.org/10.61946/vidheas.v2i1.84Keywords:
Generasi Cerdas, Beriman, Beakhlak, E-Book, Sains Bermotif TauhidAbstract
Anak usia dini adalah investasi masa depan bagi bangsa dan negara dan harapan hidup dunia akhirat bagi para orang tua. Sekolah adalah lembaga yang dipercaya bangsa dan negara serta orang tua anak usia dini untuk mendidik anak mereka dalam membantu mewujudkan harapan baik mereka terhadap anak mereka. Zaman yang penuh dengan kemudahan dibawah bantuan teknologi merubah pola pikir anak bahwa teknologilah yang membuat mudah hidup anak. Sementara sebagai umat beragama ada sisi lain yang perlu dipahami yaitu apapun yang terjadi dalam hidup manusia ada peran tuhan di dalamnya. Khusus dalam Agama Islam ini dikenal dengan pemahaman tauhid yaitu mengesakan Allah tuhan maha Pencipta. Lembaga PAUD dan guru PAUD menjadi Bagian penting berperan meminimalisir dampak pudarnya tauhid ini. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu guru dalam menggunakan teknologi berupa E-Book dalam memperkenalkan tauhid pada anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran sains. Metode pengabdiannya adalah metode Participatory Action Research (PAR) dengan tahapan Tahap to Know, Tahap to Understand, Tahap to Plann, Tahap to Act, Tahap to Change. Mitra pengabdiannya adalah guru dari RA perwanida Banda Aceh sebanyak 10 orang guru. Hasil yang muncul dan diperoleh guru adalah munculnya kesadaran diri guru untuk mengintegrasikan pengenalan tauhid dalam kegiatan pembelajaran sains anak usia dini, pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembuatan e-book untuk anak usia dini dan peserta memiliki ide tindak lanjut tindakan pembelajaran untuk anak usia dini khususnya pengenalan tauhid pada anak usia dini kedepannya.
References
Afandi, A., Laili, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., & dkk. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. In Universitas Nusantara PGRI Kediri. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Kementerian Agama RI.
Agnesia, M. G., Rantung, D. A., & Naibaho, L. (2024). Analisis Teori Hirarki Kebutuhan A. Maslow Dalam Pemanfaatan Media Teknologi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2614–3097.
Artaningsih, L. (2022). PAUD Sebagai Investasi Bagi Pribadi Anak, Keluarga, Maupun Masyarakat (Kajian Perspektif Ekonomi UNESCO). Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.55115/widyakumara.v3i1.2074
Aulia, D., & Mujahidah, F. (2021). Pengembangan Tauhid Anak Usia Dini di Era Digital. Hamalatul Qur’an: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, 2(2).
Basuki, B. (2022). Identifikasi Materi Pembelajaran PAI pada PAUD Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3142
Kemenag, R. (2019). Al-Qur’an dan Terjemah Juz 20-30. Al-Qur’an Dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019, 373.
Kemenristek RI. (2024). Platform Merdeka Mengajar/CP & ATP. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/paud/
Khotimah, K., & Agustini, A. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.54150/altahdzib.v2i1.196
M. Abdul Ghoffar E.M., Abdurrahim Mu’thi, A. I. A.-A. (2003). Tafsir Ibnu Katsir 7.5.pdf.
Natasha, D., Amelia, D., & Amrillah, R. (2024). Pentingnya Penanaman Pendidikan Tauhid pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 15783–15789. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/14657
Ningsih, F. S., & Ulya, H. K. (2024). Pemanfaatan E-book sebagai Sumber Belajar pada Kurikulum Merdeka. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.62825/revorma.v4i1.98
Ramdhan, T. W. (2019). Desain Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 118–134. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v5i1.3400
Rusli, S. T., Suhadarliyah, Amelia, D., Boari, Y., Rahayu, D., Setiaji, B., Syarfina, Ansar, Syahruddin, Amiruddin, & Yuniwati, I. (2024). Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat (Issue March). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sutini, A., Halimah, L., & Ismail, M. H. (2019). Model Pendidikan Karakter Berbasis Literacy Gardens Di Paud. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1). https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.14457
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lina Amelia, Aida Fitri, Sherina Wifda, Zuhra Risnandar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
