Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Populer pada Peserta Didik SMA Pusaka Nusantara 2 Bekasi

Authors

  • Saiful Muktiali Muktiali Universitas Pelita Bangsa
  • Kisanda Midisen Universitas Pelita Bangsa
  • Nenda Nenda Universitas Pelita Bangsa
  • Wulan Windiarti Universitas Pelita Bangsa
  • Djoko Nugroho Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.61946/vidheas.v2i1.71

Keywords:

Keterampilan Menulis, Karya Ilmiah Populer, Peserta Didik

Abstract

Kemampuan menulis karya ilmiah populer tidak hanya akan membantu peserta didik dalam menyelesaikan mata pelajarannya, serta membekali peserta didik dalam keterampilan untuk menjadi lebih komunikator, berpiki kritis, kreatif dan imajinatif, serta akan membantu mereka dalam dunia pendidikan, pekerjaan dan membantu peserta didik sukses dalam pembelajaran menulis. Namun berdasarkan observasi awal, peserta didik kelas X SMA Pusaka Nusantara 2 kesulitan dalam menulis karya ilmiah populer. Banyak peserta didik yang kesulitan menemukan ide dan mengembangkannya menjadi karya ilmiah populer. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta kelas X dengan jumlah sampel 35 peserta didik dalam menulis karya ilmiah populer. Hasil penilaian keterampulan menulis dari lima indikator diketahui dengan skor rata-rata keterampilan menulis sebesar 87,57. Sedangkan hasil kuesioner yang diberikan dengan skor rata-rata 78,57. Selanjutnya presentase nilai dari lima indikator diketahui kesesuaian isi karangan dengan topik sebesar 21%, ketepatan penokohan dan perwatakan sebesar 20%, kesesuaian menuliskan seluruh keterangan tempat, waktu, suasana sesuai dengan topik yang diberikan sebesar 19%, ketepatan menulis cerita yang runtut terdiri dari bagian awal, bagian perkembangan, dan bagian akhir menggunakan ejaan, kata ganti, kosakata dan jenis kalimat dengan jelas dan tepat sebesar 18%, dan ketepatan menulis seluruh amanat sesuai denga nisi dari topik permasalahan sebesar 22%. Sehingga dapat disimpulkan keterampilan peserta didik SMA Pusaka Nusantara 2 Bekasi  mengkonversi teks dialog ke dalam teks narasi dikategorikan sangat baik.

References

Pujiastuti, R., Indrayanti, T., & Anwar, M. S. (2024). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Populer Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Kedamean Gresik. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 8-16.

Kurikulum, B. S., & Pendidikan, A. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A–Fase FI. Jakarta: Kemendikbud.

Pratama, M. R., Muslim, A. Q., Praja, B. A., Pratama, B. I., & Putra, E. (2021). Penyusunan dan pelatihan kerangka kerja publikasi karya ilmiah populer untuk mahasiswa. Surya Abdimas, 5(3), 280-292.

Zulkarnaini, Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru-Guru Pesantren Al-Muslim Peusangan Bireuen. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(2), 59-63.

Kata, S. (2001). Cara-cara Penulisan Karya Ilmiah Populer dan Karya Ilmiah Akademik.

Zulfa. Ilmah (2023). https://cabdindikwil1.com/blog/karya-tulis-ilmiah-mengasah-berpikir-kritis-siswa-terhadap-lingkungan/

Azzahra, S., & Siti, I. (2019). Solusi Menangani Kesulitan Menulis (Disgrafia) Dengan Menggunakan Kartu Ejaan dan Speecnotes. Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia IKIP, 2, 1-10.

Khairiyah, U. (2018). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5 (2), 197–204.

Downloads

Published

2024-07-18

Issue

Section

Articles