Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Animate CC Pada Huruf Hijaiyah Untuk Pembelajaran Siswa TKIT Yasmin Al-Khoir Cikarang
DOI:
https://doi.org/10.61946/vidheas.v1i2.54Keywords:
Pembelajaran interaktif, Adobe Animate CC, ADDIE (Analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi).Abstract
Abstrak
Dengan adanya kurikulum mandiri yang ditetapkan oleh Diknas, suatu lembaga pendidikan memerlukan media pembelajaran yang lebih menarik dan membuat anak lebih aktif dalam proses belajar mengajar. TKIT Yasmin Alkhoir selama ini menggunakan pembelajaran sistem konvensional, sedangkan pada kurikulum 2013 menjadi kurikulum mandiri. Sistem pembelajaran di TKIT Yasmin Alkhoir khususnya pada materi huruf hijaiyah masih menggunakan metode konvensional dan menggunakan buku sebagai sumber belajar. Dengan metode ini dimungkinkan akan menimbulkan permasalahan secara efisien dan kurang kondusif terhadap waktu dan proses belajar pada anak. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada di TKIT Yasmin Alkhoir dengan mengembangkan media pembelajaran menggunakan Adobe Animate CC sebagai media pembelajaran interaktif yang diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan semangat belajar anak dan membuat siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Peneliti dapat menyelesaikan pembuatan aplikasi media interaktif berbasis Adobe Animate CC dengan menggunakan metode ADDIE (Analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Pengujian aplikasi ini menggunakan metode kuesioner dengan perhitungan skala likert. Rata-rata persentase menunjukkan kategori setuju dengan hasil uji coba pengguna dari pihak sekolah pada penelitian ini dapat menghasilkan perangkat lunak yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar huruf hijaiyah di TKIT Yasmin Alkhoir.
References
A. P. Nurjanah and G. Anggraini. (2020) Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmu Potensia, vol. 5, no. 1, pp. 1–7.
D. Dwi Rahayu, S. Halimatus Sakdiyah, and D. Delawanti Chrisyarani. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Animate CC Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. vol. 1, no. 3, pp. 1–10, [Online]. Available: https://journal.actual- insight.com/index.php/sistem-among/article/view/354
G. Afifah. (2019). Keefektifan Media Pembelajaran Adobe Animate CC Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Poncol 01 Kota Pekalongan,” Skripsi, p. 41.
L. K. Harahap and A. D. Siregar.(2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia, JPPS (Jurnal Penelitian Pendidian Sains), vol. 10, no. 1, p. 1910, doi: 10.26740/jpps.v10n1.p1910-1924.
Litbangkes reny. (2021). Mengenal Masa Golden Age Pada Anak - Dinas Kesehatan Provinsi Ntb, Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat. 2021. [Online]. Available: https://dinkes.ntbprov.go.id/berita/mengenal-masa- golden-age-pada-anak/
M. Rosmiati .(2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE, Jurnal Pendidikan Paradigma Komputer dan Informatika, vol. 21, no. 2, pp. 261–268, 2019, doi: 10.31294/p.v21i2.6019.
N. L. Purnamasari. (2019). Metode Addie Pada Pengembangan Media Interaktif Adobe Flash Pada Mata Pelajaran TIK, Jurnal Pendidikan Anak Sekolah, vol. 5, no. 1, pp. 23–30, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena- sd/article/view/1530
Pengelola web Kemendikbud. (2020). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, pp. 2011–2013, 2020. [Online]. Available: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan- pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Zy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
