Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa STMIK Al-Muslim Bekasi

Authors

  • Arif Susilo Universitas Pelita Bangsa
  • Asep Arwan Sulaeman Universitas Pelita Bangsa
  • Andriani Universitas Pelita Bangsa
  • Iwan Mulyana Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Al Muslim

DOI:

https://doi.org/10.61946/vidheas.v1i2.51

Abstract

Karya tulis ilmiah merupakan sarana mahasiswa untuk menuliskan gagasan yang ada dalam pikirannya, tulisan yang dihasilkan merupakan wujud intelektual diri dari seorang mahasiswa tersebut. Namun pada kenyataannya kemampuan mahasiswa dalam dalam menulis karya tulis ilmiah masih sangat terbatas, baik dari segi pengembangan ide maupun waktu. Selain itu kurangnya motivasi mahasiswa dan keterbatasan referensi yang up to date. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra maka  dilakukan  pelatihan karya tulis ilmiah yang meliputi: (1) Penentuan tema atau topik yang menarik, (2) Penulisan latar belakang dan penentuan masalah, (3) Penulisan kajian pustaka dan penentuan teori yang digunakan, (4) Penulisan metodologi penelitian, (5) Penulisan laporan penelitian dan penyajian data, (6) Penulisan pembahasan dan penarikan kesimpulan, (7) Pelatihan pengecekan plagiarism dengan menggunakan Turnitin atau Grammarly, (8) Melakukan sosialisasi situs web jurnal nasional terakreditasi SINTA dan Internasional terindeks SCOPUS yang bereputasi. Hasil Pengabdian Kemitraan ini  yaitu peserta pelatihan menghasilkan karya tulis yang minim plagiarism dan dapat dipublikasikan di jurnal lokal, nasional atau internasional yang bereputasi.

Kata Kunci: Karya Ilmiah, Jurnal, Sinta, Scopus.

References

Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor kesulitan guru sekolah dasar dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(1), 59–65. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.12457

Fazalani, R., & Handayani, S. (2021). Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Bagi Guru SMK Al-Karimah Kecamatan Praya Lombok Tengah. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–6.

Hunaepi, H., Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asyâ, M. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru di MTs Nw Mertaknao. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38–40. https://doi.org/10.36312/linov.v1i1.402.

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81. https://doi.org/10.30653/002.201611.10.

Melfianora, I. (2017). Penulisan Karya Ilmiah dengan Studi Literatur. UPT Balai Penyuluhan Pertania.

Azan, Khairull dan Nizamuruddin. 2021. Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah; Panduan Praktis Untuk Dosen, Guru dan Mahasiswa: Cv. Dotplus Publisher Depdiknas. (2003).

https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/271

https://jurnalp4i.com/index.php/community/article/view/556

https://jpfis.unram.ac.id/index.php/jpmsi/article/view/130

https://journal.unm.ac.id/index.php/jpm/article/view/296

Downloads

Published

2024-02-09