Pelatihan Penulisan Buku Ber-ISBN di STMIK Al Muslim Bekasi

Authors

  • Muhtajuddin Danny Universitas Pelita Bangsa
  • Elkin Rilvani Universitas Pelita Bangsa
  • Wisnu Setyawan Universitas Pelita Bangsa
  • Dikky Suryadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Al Muslim

DOI:

https://doi.org/10.61946/vidheas.v1i2.50

Abstract

Menjadi seorang pengajar atau dosen tidak hanya melibatkan penyampaian materi kepada mahasiswa. Namun, penting juga untuk melakukan eksplorasi dalam proses penyampaian tersebut agar materi tersebut dapat dipahami dengan mudah. Dalam rangka menyampaikan materi kepada mahasiswa, seringkali dosen membuat bahan ajar dan buku ajar yang memiliki peranan penting dalam mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas. Buku ajar dapat dianggap sebagai salah satu sarana yang memungkinkan interaksi antara dosen dan mahasiswa. Melalui buku ajar ini, dosen dan mahasiswa dapat berinteraksi dengan lebih mudah. Buku ajar adalah buku yang digunakan sebagai panduan untuk mata kuliah, disusun dan ditulis oleh ahli di bidangnya. Tentu saja, buku ajar tersebut harus mencakup materi yang sesuai dengan buku teks dan diterbitkan secara resmi serta disebarluaskan. Seorang dosen diharapkan bisa menerbitkan buku yang ber-ISBN. ISBN yang kepanjanagn dari International Standard Book Number atau Standar Internasional Penomoran Buku, adalah kode pengidentifikasian buku yang bersifat unik dan bersifat internasional. Artinya buku semua negara di dunia yang diterbitkan secara resmi oleh penerbit akan memiliki ISBN.

References

https://penerbitdeepublish.com/dosen-harus-menulis-buku/

https://www.researchgate.net/publication/367322033_PELATIHAN_MENULIS_BUKU_BAGI_DOSEN_DI_DIKDASMEN_MUHAMMADIYAH_RAWAMANGUN

https://www.researchgate.net/publication/364594062_Pelatihan_Penulisan_dan_Publikasi_Artikel_Ilmiah_bagi_Dosen-Dosen_Sekolah_Dasar/link/6394c27f484e65005bfce6ef/download?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIiwicGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIn19

Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor kesulitan guru sekolah dasar dalam penulisan karya ilmiah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(1), 59–65. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.12457

Fazalani, R., & Handayani, S. (2021). Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah Bagi Guru SMK Al-Karimah Kecamatan Praya Lombok Tengah. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–6.

Hunaepi, H., Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asyâ, M. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru di MTs Nw Mertaknao. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38–40. https://doi.org/10.36312/linov.v1i1.402.

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81. https://doi.org/10.30653/002.201611.10.

Melfianora, I. (2017). Penulisan Karya Ilmiah dengan Studi Literatur. UPT Balai Penyuluhan Pertania.

Azan, Khairull dan Nizamuruddin. 2021. Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah; Panduan Praktis Untuk Dosen, Guru dan Mahasiswa: Cv. Dotplus Publisher Depdiknas. (2003).

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas RI: Jakarta.

Downloads

Published

2024-02-09