Pelatihan Go Digital, Foto Produk, dan Optimalisasi Melalui Media Sosial Bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Majene

Authors

  • Muh. Rezky Naim Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Iwan Adinugroho Universitas Muhammadiyah Mamuju

DOI:

https://doi.org/10.61946/vidheas.v1i2.39

Abstract

Bisnis harus melakukan pemasaran melalui media online, yang disebut marketing digital, jika mereka ingin bisnis mereka berkembang. Untuk memasarkan produk melalui media online, foto produk harus menarik agar target sasaran tertarik. Dalam pengabdian ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Majene, bekerja sama dengan Lembaga LPKP Mitra Rezky, berperan sebagai mitra. Sasaran pengabdian ini terutama ditujukan kepada pelaku UMKM di Majene yang bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Majene belum melakukan pemasaran melalui media online dan belum menggunakan foto produk untuk mempromosikan produk mereka. Dengan harapan untuk meningkatkan penjualan, pengabdian ini bertujuan untuk mengajarkan para pelaku UMKM di Majene bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Majene tentang pentingnya pemasaran online dan cara menggunakan foto produk yang menarik sebagai penguat komunikasi pemasaran online. Metode pengabdian ini dilakukan melalui ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta foto produk melalui ponsel. Metode pengabdian ini dilakukan dengan melakukan ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta mengambil foto produk dengan ponsel. Pengabdian ini mendapat respons yang sangat positif dari mitra dan peserta. Pelaku UMKM menjadi menyadari pentingnya melakukan komunikasi pemasaran online dan dapat mengambil foto produk dengan ponsel mereka dan mengunggahnya ke media sosial seperti Instagram dan aplikasi lainnya.

References

Feryanto, Feryanto, and Nia Rosiana. 2021. “Penggunaan Telepon Seluler Untuk Pemasaran Serta Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Petani.” Jurnal AGRISEP Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis 20(01):25–40. doi: 10.31186/agrisep.20.01.25-40.

Jayanti, Fitri D. W. I. 2022. “Untuk Pemasaran Digital.” II(1):1–11.

Novianti, Erlina, Asih Retno Dewanti, Silviana Amanda Aurelia Tahalea, and Malcheni Malcheni. 2021. “Pelatihan Foto Makanan Dengan Menggunakan Kamera Handphone Untuk Komite Sekolah TK Tunas Muda I IKKT.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7(3):967.

Nugraheny, Dwi, Asih Pujiastuti, Sudaryanto Sudaryanto, Hero Wintolo, Harliyus Agustian, Salam Aryanto, Yuliani Indrianingsih, and Anton Setiawan Honggowibowo. 2022. “Pendampingan Dan Pelatihan Cara Pengambilan Foto Produk UMKM Untuk Pemasaran Di Media Sosial.” KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Pelaku UMKM di 5(1):23–30. doi: 10.28989/kacanegara.1017.

Priharjo, Pratiwi Wulandari. 2021. “Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi” 2021:1–13.

Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta: CV Prisani Cendekia.

Rustam, Muhammad. 2015. “Penggunaan, Telepon Genggam, Pelaku UMKM di Nelayan 11.” Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan 19(1):11–22.

Suwatno, H. 2017. Komunikasi Pemasaran Kontekstual. edited by Edi Suryadi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Downloads

Published

2024-01-02