Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Desa Sumberjaya Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran
DOI:
https://doi.org/10.61946/vidheas.v1i1.18Keywords:
Pemasaran Online, UMKM, Digital Marketing, Media Sosial, Pelatihan digital MarketingAbstract
Desa Sumberjaya adalah desa yang terletak di wilayah kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat dengan berjumlah penduduk 9063 jiwa. Di desa sumberjaya mempunyai 28 UMKM yang sudah terdaftar di desa dengan berbagai jenis usaha. Tujuan dari Pengabdian kepada masyarakat ini adalah berfocus mengadakan pelatihan kepada pelaku UMKM dalam memasarkan produk secara digital. Pelatihan ini diutamakan untuk UMKM yang menghasilkan produk bukan jasa. Kendala yang terjadi adalah pelaku UMKM belum menggunakan sistem pemasaran digital sehingga strategi pemasaran produk belum dilakukan secara maksimal dan produk belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas, sehingga masyarakat di desa tersebut perlu dilatih untuk mengenal digital marketing. Pelatihan digital marketing ini dengan memberikan materi konsep pemasaran produk UMKM secara online, pemasaran melalui media social, Marketplace, google bisnis, keamanan dalam pemasaran online dan stategi keberhasilan dalam pemasaran online. Hasil yang didapatkan dari pelatihan digital marketing ini rata-rata berhasil mengikuti pelatihan dengan baik.
References
Abdi, Y., & Batubara, B. A. (2022). Sosialisasi digitalisasi dan modernisasi umkm kepada masyarakat desa mancang kecamatan selesai kabupaten langkat. 2(2), 211–214.
Cucus, A., Dunan, H., Soewito, S., Warganegara, P., AA, I., & Habiburrahman, H. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Umkm Penghasil Keripik Ksu Gapoktan Rukun Santoso Desa Bumi Sari Kecamatan Natar. Jurnal Pengabdian UMKM, 1(1), 57–65. https://doi.org/10.36448/jpu.v1i1.12
Hidayati, D. (2022). Pelatihan E-Commerce pada UMKM sebagai Penunjang kegiatan Promosi da Pemasaran di Kelurahan Kandagan, Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 270–276.
Indah Lestari, N., & Ramadani, M. (2022). STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI PENERAPAN DIGITAL MARKETING (STUDI KASUS UMKM DI SERANG, BANTEN). Jurnal Kuat.
Kawase, R., Diana, F., Czeladka, M., Schüler, M., & Faust, M. (2019). Internet fraud: The case of account takeover in online marketplace. HT 2019 - Proceedings of the 30th ACM Conference on Hypertext and Social Media, 181–190. https://doi.org/10.1145/3342220.3343651
Linkzasia.com. (2022). Modus Penipuan Investasi, Marketplace, dan Media Sosial Viral. Https://Www.Linkzasia.Com/. https://www.linkzasia.com/post/modus-penipuan-investasi-marketplace-dan-media-sosial-viral
Mashadi, M., & Munawar, A. (2021). Pendampingan Pengembangan Kemasan Produk Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 115–120. https://doi.org/10.374/jadkes.v2i1.1402
Nurhayati, C., Fitriansyah, H., Rohmatullah, M., & Vivie, N. (2021). Digitalization of Micro , Small and Medium Enterprises in the Indigenous Village of Central Citorek. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 24(November).
Priatna, W., Fadhli Nursal, M., Sri Lestari, T., & Warta, J. (2021). Pelatihan Multimedia untuk Karyawan dan Anggota TNI Di Pusinfolatha. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis (JAMEB), 1(2), 46–51. http://www.ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JAMEB/article/view/906%0Ahttp://www.ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JAMEB/article/download/906/699
Priatna, W., Purnomo, R., Fadjriya, A., & Kustanto, P. (2022). Pelatihan Talents Mapping Pada Guru-Guru SMK Negeri 11 Bekasi. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31599/jucosco.v2i1.997
Priatna, W., Purnomo, R., Putra, T. D., & Fajriya, A. (2021). Pelatihan Online Photoshop Pada Remaja Masjid A-Syuhada Harapan Indah Bekasi. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO), 1(2), 103–110. https://doi.org/10.31599/jucosco.v1i2.525
Qamari, I. N., Herawati, R., Handayani, S., Junaedi, F., & Jati, L. J. (2021). Digitalisasi Bisnis Kelompok Umkm Di Desa Poncosari, Bantul, Yogyakarta, Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 310–315. https://doi.org/10.18196/ppm.32.211
Renjith, S. (2018). Detection of Fraudulent Sellers in Online Marketplaces using Support Vector Machine Approach. International Journal of Engineering Trends and Technology, 57(1), 48–53. https://doi.org/10.14445/22315381/ijett-v57p210
Siska, E., & Prapto, D. A. W. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Marketplace Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pulo Gadung Jakarta Timur Pada Masa New Normal. Jurnal Abdimas Perbanas, 2(2), 59–75. https://doi.org/10.56174/jap.v2i2.422
Sugiyanto, -, Karima, A., & Yogananti, A. F. (2017). Peningkatan Ketrampilan Pembuatan Desain Kemasan serta Pemanfaatan Media Promosi dan Pemasaran Online Pada Kube Ash-Shidiqqy dan Pik Abdussalam Jepara. Techno.Com, 16(1), 9–16. https://doi.org/10.33633/tc.v16i1.1283
Tahalua, I., Fadny, N., Danial, Y., & Lapak, B. (2021). YUME : Journal of Management Strategi Pemasaran Produk UMKM melalui Aplikasi Online di Tengah Pandemi Covid-19. 4(3), 325–333. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.484
Tyagi, P., & Sharma, A. (2021). Implementation of Fraudulent Sellers Detection System of Online Marketplaces using Machine Learning Techniques. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 10(2), 194–198. https://doi.org/10.35940/ijrte.b6298.0710221
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wowon Priatna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
