Pemanfaatan Aplikasi Kecerdasan Buatan untuk Meningkatkan Kreativitas dan Efisiensi Belajar di Sekolah

Authors

  • Asep Muhidin Universitas Pelita Bangsa
  • Nurhadi Surojudin Universitas Pelita Bangsa
  • Edi Triwibowo Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.61946/vidheas.v3i1.129

Keywords:

kecerdasan buatan, kreativitas, efisiensi belajar, sekolah menengah

Abstract

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) semakin pesat dan telah memberikan dampak signifikan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Namun, pemanfaatan teknologi ini di sekolah masih relatif terbatas, terutama dalam meningkatkan kreativitas siswa serta efisiensi proses pembelajaran. Berdasarkan kondisi tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SLTA 2 Cikarang Selatan dengan tujuan memperkenalkan serta melatih guru dan siswa dalam penggunaan aplikasi berbasis AI. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu sosialisasi mengenai manfaat AI dalam pendidikan, pelatihan penggunaan aplikasi seperti ChatGPT, Canva AI, dan Quizizz, serta praktik langsung dalam pembuatan media pembelajaran dan penyelesaian tugas secara kreatif. Peserta kegiatan terdiri atas guru dan siswa yang antusias untuk mencoba teknologi baru tersebut. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dan guru dalam menggunakan aplikasi AI, meningkatnya kreativitas siswa dalam menghasilkan karya yang lebih inovatif, serta meningkatnya efisiensi waktu pengerjaan tugas. Selain itu, guru juga memperoleh wawasan baru untuk mengintegrasikan teknologi AI dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini tidak hanya berdampak pada peningkatan keterampilan digital peserta, tetapi juga memberikan kontribusi terhadap upaya inovasi pendidikan yang sesuai dengan tuntutan era digital.

References

Baker, R. S., & Inventado, P. S. (2014). Educational Data Mining and Learning Analytics. In J. A. Larusson & B. White (Eds.), Learning Analytics: From Research to Practice (pp. 61–75). Springer.

Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264–75278.

Davenport, T. H., & Ronanki, R. (2018). Artificial Intelligence for the Real World. Harvard Business Review, 96(1), 108–116.

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial Intelligence in Education: Promises and Implications for Teaching and Learning. Boston: Center for Curriculum Redesign.

Indonesia Ministry of Communication and Informatics. (2021). Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial Indonesia 2020–2045. Jakarta: Kementerian Kominfo RI.

Kemendikbudristek. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar dan Transformasi Digital Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Luckin, R. (2018). Machine Learning and Human Intelligence: The Future of Education for the 21st Century. UCL IOE Press.

OECD. (2021). AI and the Future of Skills. Paris: Organisation for Economic Co-operation and Development.

Popenici, S. A., & Kerr, S. (2017). Exploring the Impact of Artificial Intelligence on Teaching and Learning in Higher Education. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1), 22.

Russell, S., & Norvig, P. (2021). Artificial Intelligence: A Modern Approach (4th ed.). Pearson.

Schapira, M., & Sales, A. (2022). Ethics in Artificial Intelligence Education. AI & Society, 37(3), 1123–1137.

Sun, C., & Chen, X. (2022). The Impact of Artificial Intelligence on Student Learning Motivation. Education and Information Technologies, 27, 343–359.

UNESCO. (2021). AI and Education: Guidance for Policy-makers. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Yudhistira, I. G. N., & Santosa, P. I. (2022). Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(2), 155–167.

Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic Review of Research on Artificial Intelligence Applications in Higher Education – Where are the Educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 39.

Downloads

Published

2025-08-24

Issue

Section

Articles