Mendorong Kreativitas dan Inovasi Melalui Pengenalan Coding di SMP Negeri 3 Cikarang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.61946/vidheas.v2i2.128Abstract
Keterampilan coding merupakan salah satu kompetensi penting di era digital yang dapat mendorong kreativitas, kemampuan berpikir logis, dan problem-solving pada siswa. Namun, di SMP Negeri 3 Cikarang Selatan, kemampuan literasi digital siswa masih rendah akibat keterbatasan akses pembelajaran, infrastruktur, serta minimnya pelatihan bagi guru. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar coding kepada siswa dan meningkatkan kapasitas guru melalui pelatihan serta pendampingan. Metode pelaksanaan meliputi workshop interaktif berbasis gamifikasi menggunakan platform seperti Scratch, Code.org, dan Blockly; penyediaan perangkat dan modul pembelajaran; serta sesi motivasi untuk mengenalkan peluang di dunia digital. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test, observasi, dan umpan balik dari peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dasar coding pada siswa, meningkatnya motivasi belajar teknologi, dan bertambahnya kompetensi guru dalam mengajarkan coding. Program ini diharapkan menjadi langkah awal menuju penguatan literasi digital dan keberlanjutan pembelajaran teknologi di sekolah..
References
Kemdikbud. Peta jalan transformasi digital pendidikan Indonesia [Internet]. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 2021 [cited 2025 Aug 15]. Available from: https://www.kemdikbud.go.id
Rahmawati A, Prasetyo AR. Pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap minat belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan. 2022;24(2):123–32.
Sari NP, Hasan A. Pengembangan keterampilan abad ke-21 melalui pengenalan coding pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dasar. 2023;35(1):45–56.
Fadillah AN, Nugroho W. Implementasi gamifikasi dalam pembelajaran coding untuk siswa sekolah menengah. J Ilmu Komputer dan Pendidikan. 2022;10(3):67–75.
Putri DA, Hartanto R. Tantangan pengajaran coding di sekolah menengah: Studi kasus di Jawa Barat. J Pendidikan Teknologi. 2021;15(2):89–98.
Yusup M. Literasi digital dan dampaknya terhadap pengembangan kemampuan siswa di era digital. J Literasi Digital. 2020;7(1):12–9.
Kurniawan S. Potensi teknologi berbasis cloud untuk pendidikan di Indonesia. J Teknologi dan Pendidikan. 2021;18(4):135–44.
Susilo B, Rahayu T. Strategi pengenalan coding kepada siswa sekolah menengah pertama di daerah perkotaan. J Inovasi Pendidikan. 2022;20(3):178–85.
Pratama AC, Nugraha R. Pelatihan guru dalam meningkatkan keterampilan mengajar berbasis teknologi digital. J Pendidikan dan Inovasi. 2023;14(2):90–102.
Iskandar R, Sofyan H. Peran pendidikan teknologi dalam meningkatkan literasi digital siswa Indonesia. J Teknologi dan Literasi. 2021;9(4):50–8.
Papert S. Mindstorms: Children, computers, and powerful ideas. New York: Basic Books; 1980.
Grover S, Pea R. Computational thinking in K-12: A review of the state of the field. Educ Res. 2013;42(1):38–43.
Resnick M, Silverman B. Some reflections on designing construction kits for kids. Proc Interaction Design and Children Conf. New York: ACM; 2005. p. 117–22.
Wing JM. Computational thinking and thinking about computing. Commun ACM. 2006;49(3):33–5.
Saqr M, Nouri J. The influence of gamification on student engagement in programming education. Comput Educ. 2020;157:103964.
Kizito RN. Examining the role of ICT in education for sustainable development. Int J Educ Dev Using ICT. 2016;12(2):80–90.
Shaffer DW, Squire KR, Halverson R, Gee JP. Video games and the future of learning. Phi Delta Kappan. 2005;87(2):105–11.
Voogt J, Roblin NP. A comparative analysis of international frameworks for 21st century competences. J Curric Stud. 2012;44(3):299–321.
UNESCO. Digital literacy in education [Internet]. Paris: UNESCO; 2018 [cited 2025 Aug 15]. Available from: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000265403
OECD. Skills for a digital world [Internet]. Paris: OECD; 2016 [cited 2025 Aug 15]. Available from: https://www.oecd.org/skills/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asep Muhidin, Elkin Rilvani, Wisnu Setyawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
