Penerapan E-Health: Meningkatkan Akses Informasi Kesehatan Melalui Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.61946/vidheas.v3i1.116Keywords:
e-health, teknologi kesehatanAbstract
Pelatihan bertajuk "Penerapan E-Health: Meningkatkan Akses Informasi Kesehatan melalui Teknologi" ini diselenggarakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam upaya memperkuat literasi digital di bidang kesehatan. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada peserta mengenai penggunaan teknologi informasi dalam mengakses, menyimpan, dan berbagi informasi kesehatan secara efektif dan aman. Melalui pendekatan partisipatif dan metode pembelajaran interaktif, peserta dilatih untuk memanfaatkan platform e-health seperti aplikasi mobile kesehatan, sistem rekam medis elektronik, serta layanan konsultasi daring. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta tentang e-health, kesadaran akan pentingnya keamanan data kesehatan, dan kemampuan dasar dalam menggunakan aplikasi kesehatan digital. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memperluas adopsi teknologi e-health di masyarakat, sehingga akses terhadap layanan dan informasi kesehatan menjadi lebih inklusif, cepat, dan efisien.
References
A. Rendy Rivaldo, Adi Soesiantoro, & M. Kendry Widiyanto. (2024). Efektivitas E-Health Dalam Peningkatan Layanan Publik di Puskesmas Sawahan Kota Surabaya. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 4(2), 44–60.
Maruf, M. A., Surury, I., Sukma, F., Damayanti, A., Khoirunnisa, K., & Kamil, R. (2023). PEMBERDAYAAN MAHASISWA UNTUK PENINGKATAN LITERASI KESEHATAN DAN LITERASI KESEHATAN DIGITAL TERKAIT COVID-19. AS-SYIFA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, 4(1), 32–40. https://doi.org/10.24853/assyifa.4.1.32-40
Rahmawati, I. N., Putra, K. R., & Noviyanti, L. W. (2024). Penerapan Aplikasi e-Health Education untuk Meningkatkan Pengetahuan, Perawatan Diri Pasien, dan Kesiapan Keluarga dalam Merawat Pasien dengan Penyakit Kronis di Rumah. Tri Dharma Mandiri, 4(1), 22–32. https://doi.org/10.21776/ub.jtridharma.2024.004.01.22
Totok Minto Leksono, & Ditha Arsya Arsitha. (2024). Kualitas Pelayanan E-Health Sebagai Alternatif Antrian Online Di Puskesmas Kota Surabaya. Irpia : Jurnal Ilmiah Riset Dan Pengembangan, 9(2), 53–61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elkin Rilvani, Ikhsan Romli2, Nurhadi Surojudin3, Fachrial Banyu Asmoro4

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
